[Renungan]Karena Budaya ini, Aku malu sebagai bangsa Indonesia

asd


halo agan2 dan aganwati, ane mau share sedikit tentang sebuah renungan buat kita semua.

mungkin semua berpikir judul thread ini kontroversional, tapi itu semata2 demi menyadarkan kita semua

di

suatu tempat di kota jogja, aku baru saja selesai mengikuti kegiatan

kuliah di kampus. ketika berada di parkiran kampus, aku berniat untuk

segera memacu motorku untuk mengambil uang di ATM, maklum hari ini

lembaran uang di dompetku semakin menipis.

15 menit kemudian, aku

sudah berada di sebuah ATM, namun sayang sekali ternyata antriannya

sangat panjang dan pada saat itu matahari sedang panas2nya. akupun

memutuskan untuk mengantri.

Spoilerfor :



tanpa

kusadari, ternyata tepat disamping antrianku ada seorang bule, yang

mungkin sedang menemani kerabat atau temannya mengambil uang di ATM.

sejenak kuberanikan diri untuk menyapanya, sekedar membunuh waktu biar tidak bosan mengantri

Nama

bule itu adalah John, dia sebenarnya pernah ke indonesia beberapa kali,

dan dia fasih dengan bahasa indonesia, walaupun pengucapannya salah dan

beberapa kata masih campur aduk dengan bahasa inggris.

dia sedang

menunggu teman guidenya yang sedang mengambil uang di ATM, ketika itu

dia mengeluh kenapa teman guidenya tidak mempersiapkan segala sesuatunya

sebelum berangkat.

tak terasa sudah lama kami berbincang, dan barisan mulai memendek.

ketika itu teman guide john sedang bersiap2 untuk masuk ATM, sesuai dengan gilirannya.

tapi tak disangka, ada seorang mahasiswa dengan jas kebanggaannya masuk ke dalam antrian tanpa antri di belakang.

John pun menegur dengan bahasa inggris, tapi dengan santai mahasiswa tersebut berkata :

"

excuse me, i'm in hurry, i want to take money for pay my bills".

kemudian John bilang "

why u don't wait in the line?"

mahasiswa tersebut terdiam, tanpa sengaja dia memaki ke John "

dasar bule bego"

John pun berkata dengan mantap, "

walaupun saya bego, tapi saya tau tata krama".

yang

John ucapkan sebenarnya tidak jelas, karena cara pengucapannya tidak

teratur, tapi dia tidak malu meskipun bahasanya aneh bagi kita.

mahasiswa tersebut merasa kalah argumen, kemudian meninggalkan barisan dengan muka menahan kesal.

Saya

merasa takjub, seorang bule yang bagi saya adalah tamu di negara saya,

tapi lebih sopan dibandingkan dengan kita sebagai tuan rumah.

Beberapa pesan moral yang ada di dalam cerita ini :

1.

Budayakan Antri.

Sejak

jaman dulu, para kakek nenek serta orang tua kita selalu menasehati

kita dengan kata "alon alon asal kelakon", tapi kenapa kita suka

seenaknya menyerobot antrian ?

2.

Manajemen Waktu yang ideal.

kalo

semua telah terencana, otomatis kita tidak perlu terburu2, kita buru2

bukan karena kita sibuk, tapi memang kita suka mengulur2 waktu.

3.

Bersikap Sopan (Be Nice)

jangan

bangga akan diri sendiri, orang yang sombong tentu banyak yang tidak

menyukainya, tapi orang yang sopan tentu banyak yang memujinya

Semoga Thread ini menjadi renungan bagi kita semua, untuk kedepannya membangun pribadi yang menarik



sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000010074754/renungankarena-budaya-ini-aku-malu-sebagai-bangsa-indonesia/



Post Title : [Renungan]Karena Budaya ini, Aku malu sebagai bangsa Indonesia

[Renungan]Karena Budaya ini, Aku malu sebagai bangsa Indonesia,

[Renungan]Karena Budaya ini, Aku malu sebagai bangsa Indonesia

1 komentar:

  1. Buruan bergabung bersama kami di SEKOPPOKER
    Karna Di SEKOPPoker Memiliki Promo yang sangat menarik
    Bonus Deposit Member Baru 80,000
    Bonus Deposit Weekend 50,000
    Bonus Referral 20% (berlaku untuk selamanya
    Rollingan Mingguan 0.3% (setiap hari Kamis)
    Daftar sekarang juga hanya di Sekop123.com
    sekop poker
    sekop poker domino
    deposit via pulsa
    uang asli indonesia
    daily gift
    weekend gift
    bonus jackpot x3
    deposit via telkomsel
    deposit via xl
    deposit via ovo

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog